ANALISIS IKLAN ROKOK SURYA PRO NEVER QUIT
A. DESKRIPSI IKLAN
Iklan
ini menggambarkan tentang 2 orang pria yang berusaha keras untuk meraih bakat.
Pria tersebut masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda pria pertama dia
memiliki kemampuan untuk bermain salah satu alat music yaitu drum dan pria kedua
dia memiliki kemampuan gulat.
Dalam
iklan rokok kedua pria tersebut berusaha untuk meraih bakat yang ingin dicapai.
pria pertama berusaha untuk bermain alat music drum dengan baik namun dia
hampir menyerah sama seperti halnya dengan pria kedua dia berusaha berlatih
gulat tapi dia sempat menyerah. Tapi, dengan rasa keinginannya mereka bangkit
untuk berlatih kembali dan akhirnya mereka bisa meraih bakat mereka dengan
baik.
B. TAMPILAN IKLAN
Dalam
tampilan iklan tersebut semuanya dalam keadaan semu gelap dengan diiringi
dengan music yang membangkitkan semangat. Serta ditambahkan dengan backsound
kata-kata motivasi yaitu :
Apasih bakat? Cuma lima hurup
buatan manusia, biar kita ngerasa kecil untuk matahain semanagat, biar kita ga
berani coba sama sekali, bakat itu gak dikasih, tapi diraih. Lewat derasnya
keringat, darah, dan ratusan jam tidur yang terlewat. Bakat itu umin omong
kosong, bakat yang sebenarnya adalah disaat kita gak pernah menyerah.
Kemudian,
dalam iklan tersebut menampilkan bahwa ini merupakan iklan rokok dengan
memunculkan kata dan gambar yang menjadi slogan dalam setiap rokok yaitu “ROKOK
MEMBUNUHMU”. Diakhir iklan juga menampilkan merk rokok yang diklankan yaitu
“SURYA PRO” yang merupakan produk dari PT. Gudang Garam.
C. ANALISIS IKLAN
Berdasarkan
iklan tersebut dapat dianalisis bahwa:
1. Iklan
tersebut dapat memotivasi seseorang untuk meraih apa yang ingin dicapai.
Karena, dengan kata-kata yang ada dalam iklan tersebut dapat membangkitkan
semangat seseorang yang mendengarnya.
2. Dalam
tampilan iklan larangan untuk merokok terlalu kecil sehingga masyarakat atau
orang yang melihatnya tidak sadar bahwa merokok itu dilarang. Ini akan
menimbulkan preksepektif baru bahwa merokok boleh dilakukan oleh siapa saja.
3. Tidak
ada kesinambungan antara isi iklan dengan apa yang diiklankan artinya isi iklan
ini tidak ada kaitannya dengan iklan rokok, iklan ini lebih merujuk pada iklan
motivasi saja.
4. Memiliki
pesan dan makna yang baik pada isi iklan.
No comments:
Post a Comment