Thursday, June 1, 2017

ANALISIS IKLAN



     ANALISIS IKLAN ROKOK SURYA PRO NEVER QUIT
A. DESKRIPSI IKLAN
Iklan ini menggambarkan tentang 2 orang pria yang berusaha keras untuk meraih bakat. Pria tersebut masing-masing memiliki kemampuan yang berbeda pria pertama dia memiliki kemampuan untuk bermain salah satu alat music yaitu drum dan pria kedua dia memiliki kemampuan gulat.
Dalam iklan rokok kedua pria tersebut berusaha untuk meraih bakat yang ingin dicapai. pria pertama berusaha untuk bermain alat music drum dengan baik namun dia hampir menyerah sama seperti halnya dengan pria kedua dia berusaha berlatih gulat tapi dia sempat menyerah. Tapi, dengan rasa keinginannya mereka bangkit untuk berlatih kembali dan akhirnya mereka bisa meraih bakat mereka dengan baik.

B.     TAMPILAN IKLAN
Dalam tampilan iklan tersebut semuanya dalam keadaan semu gelap dengan diiringi dengan music yang membangkitkan semangat. Serta ditambahkan dengan backsound kata-kata motivasi yaitu :

Apasih bakat? Cuma lima hurup buatan manusia, biar kita ngerasa kecil untuk matahain semanagat, biar kita ga berani coba sama sekali, bakat itu gak dikasih, tapi diraih. Lewat derasnya keringat, darah, dan ratusan jam tidur yang terlewat. Bakat itu umin omong kosong, bakat yang sebenarnya adalah disaat kita gak pernah menyerah.

Kemudian, dalam iklan tersebut menampilkan bahwa ini merupakan iklan rokok dengan memunculkan kata dan gambar yang menjadi slogan dalam setiap rokok yaitu “ROKOK MEMBUNUHMU”. Diakhir iklan juga menampilkan merk rokok yang diklankan yaitu “SURYA PRO” yang merupakan produk dari PT. Gudang Garam.


C.    ANALISIS IKLAN
Berdasarkan iklan tersebut dapat dianalisis bahwa:
1.      Iklan tersebut dapat memotivasi seseorang untuk meraih apa yang ingin dicapai. Karena, dengan kata-kata yang ada dalam iklan tersebut dapat membangkitkan semangat seseorang yang mendengarnya.
2.      Dalam tampilan iklan larangan untuk merokok terlalu kecil sehingga masyarakat atau orang yang melihatnya tidak sadar bahwa merokok itu dilarang. Ini akan menimbulkan preksepektif baru bahwa merokok boleh dilakukan oleh siapa saja.
3.      Tidak ada kesinambungan antara isi iklan dengan apa yang diiklankan artinya isi iklan ini tidak ada kaitannya dengan iklan rokok, iklan ini lebih merujuk pada iklan motivasi saja.
4.      Memiliki pesan dan makna yang baik pada isi iklan.

No comments:

Post a Comment